..dateHeader/>

Resep dan Cara Membuat Es Krim Goreng Sederhana, Mudah dan Praktis

Pertama kali mendengar kudapan yang satu ini rasanya aneh banget. Ko bisa ya, es krim digoreng, memangnya tidak mencair dan menyatu dengan minyak? Pasalnya lagi, es krim kan bersuhu amat dingin, sementara proses menggoreng menggunakan suhu yang amat panas, jika es krim digoreng dan meleleh kenapa masih disebut es?

Pertanyaan konyol yang timbul dari sekedar membayang-bayang seperti apa bentuk dan rupa es krim goreng. Yang lebih heran lagi, bagaimana cara membuat es krim goreng sederhana ini agar es krimnya tidak mencair? Pas suatu ketika menjumpai penjual es krim goreng, rasa penasaran tak dapat terhindarkan. Akhirnya didapatlah es krim goreng pertama, untuk pertama kalinya mencicipi.

Cara Membuat Es Krim Goreng, Resep Es Krim Goreng
ilustrasi : www.fayettevillemontessori.com
Tidak sesuai dengan imajinasi ternyata. Ternyata, yang disebut es krim goreng itu mungkin lebih tepatnya roti goreng isi es krim, hehe. Walaupun ada beberapa tipe es krim goreng yang menggunakan bahan khusus menyerupai roti namun bentuknya seperti mangkok, tidak datar seperti roti tawar. Dasar orang kampung, akhirnya jadi tertawa sendiri menghadapi kenyataan yang tak sesuai dengan bayangan.

Tapi secara tekstur dan rasa, ternyata sangat enak lho. Roti yang menjadi 'pembungkusnya' memiliki tekstur renyah dengan rasa yang gurih, sementara di bagian dalam disambut dengan es krim yang lumer dengan rasa yang aduhai, mmm yummy. Pertama kali mencoba langsung ketagihan, sayangnya harga satunya lumayan mahal juga. Jadi kepikiran deh buat bikin sendiri di rumah.

Resep Es Krim Goreng Sederhana, Mudah dan Praktis

Cara membuat es krim goreng sederhana ternyata tidak susah susah amat. Sebenarnya tidak tahu resep pastinya seperti apa, namun hanya dengan melihat tukang es krim goreng dari cara mengolah dan menyajikannya, ditambah dengan analisa rasa dari es krim goreng tersebut akhirnya bisa diperkirakan bahan apa saja yang digunakan. Kuncinya, roti harus sudah matang sebelum es krim didalamnya meleleh. Jadi kita memerlukan freezer untuk membantu persiapan membuat es krim goreng ini. Berikut bahan-bahan yang kita perlukan.

Bahan Resep Es Krim Goreng Sederhana

  1. 5 lembar roti tawar
  2. es krim secukupnya, rasa sesuai selera
  3. 1 butir telur ayam, kocok lepas
  4. 50 gr tepung roti
  5. topping sesuai selera

Cara Membuat Es Krim Goreng Sederhana

  1. Ambil roti tawar, buang pinggirannya.
  2. Letakkan satu sendok/baller es krim di tengahnya.
  3. Lipat roti tawar secara diagonal, satukan pinggirannya dengan cara memijit dan memilin agak keras seperti saat merapatkan kulit pastel. Pastikan roti menutup dengan rapat agar es krim tidak meleleh keluar.
  4. Celup roti yang telah diisi es krim kedalam kocokan telur, kemudian gulingkan pada tepung roti hingga terselimuti seluruh permukaannya.
  5. Taruh kedalam freezer biar padat dan membeku. Ulangi langkah tersebut pada roti yang lain.
  6. Setelah es krim dan roti membeku, siapkan penggorengan dan panaskan minyak.
  7. Goreng es krim yang sudah membeku didalam freezer hingga matang kecoklatan.
  8. Beri topping dan hiasan sedemikian rupa sesuai selera, dan es krim goreng siap untuk dinikmati.
Kunci dari resep es krim goreng sederhana ini adalah es krim yang merupakan isian harus dalam keadaan beku saat hendak digoreng. Jika sesudah es krim diisikan kedalam roti kemudian langsung digoreng, es krim akan meleleh keluar. Maka dari itu, roti yang sudah berisi es krim harus dimasukkan dulu kedalam freezer agar es krim didalamnya membeku kembali. Setelah itu baru kemudian digoreng.

2 komentar :

  1. "izin share ya admin :)
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Line : agen365
    WA : +855 87781483 :)
    Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)"

    BalasHapus